Cara Menghitung Fungsi Gabungan Yang ada di Excel

Halo sobat Saya Kembali, masih dengan mencoba memecahkan masalah. salah satunya yang ada di excel.
Sebagai Contoh berikut ini :


Perlu di ingat untuk mengerjakan ini, kita menggunakan semua fungsi dasar yaitu IF, VLOOKUP, HLOOKUP & STRING. Tetapi hanya sebagian yang di gunakan untuk mengerjakan soal di atas.

Langsung saja kita kerjakan yang pertama yaitu Luas Bangunan dan Luas Tanah, dengan ketentuan untuk yang luas bangunan di tentukan bedasarkan dari karakter ke-3 sebanyak 3 karakter dari kode tipe. Dan Luas Tanah di tentukan bedasarkan karakter ke-7 sebanyak 3 karakter dari  kode tipe.

Contohnya seperti ini :
=Value(Mid(B7;3;3)) - Untuk yang Luas Bangunan
=Value(Mid(B7;7;3)) - Untuk yang Luas Tanah

Kenapa saya kasih fungsi "VALUE",  karena yang kita ambil dari kode tipe berupa data Label. Jadi supaya di baca oleh tabel bantu kita gunakan fungsi tersebut. Dan Hasilnya seperti ini :



Lanjut Permasalahannya yang ke-2 yaitu harga Tanah. Kalau ini, Perintahnya menggunakan fungsi pembacaan tabel atau Lookup (Vlookup/Hlookup) dimana mengikuti data luas tanah berdasarkan type rumah.


Yang saya lingkari adalah tabel bantu. Nah, mulai dari sini anda pasti heran bagaimana caranya supaya harga tanah bisa ke isi dengan menggunakan fungsi pengisian tabel bantu. Mulai dari ini cara pengabungan fungsi juga perlu di gunakan untuk menyelesaikan masalah Harga Tanah.

Langsung saja ini Fungsinya :
=Vlookup(G7;$G$28:$J$31;IF(E7="ruby";2;IF(E7="kristal";3;4));TRUE)*G7

G7 Adalah Luas Tanah

$G$28:$J$31 Adalah Tabel bantu yang kita kita seleksi kemudian di kunci dengan tekan F4 di keyboard.

Na untuk yang format "coloumn_index_numb" kita ganti atau gabungkan dengan fungsi IF di mana keterangan tabel tersebut ada tipe rumah yang masing -  masing punya harga sendiri - sendiri. Jadi khusus ini kita isikan seperti ini.
IF(E7="ruby";2;IF(E7="kristal";3;4)), cara bacanya adalah "jika Kolom tipe rumah di cell E7 adalah Ruby maka di isi kolom nomor 2, jika tidak kolom tipe rumah di cell E7 adalah Kristal maka di isi kolom 3 selain itu di isi kolom nomor 4".

True adalah ketika tabel yang kita seleksi tersebut berupa angka semua atau datanya bersifat value.
Untuk yang paling terakhir, kenapa harus di kalikan cell G7 atau Luas Tanah, maka hasilnya sesuai dengan yang ada di tabel yaitu 720rb. gunanya tabel bantu adalah untuk mengalikan antara data yang di ambil dari kode dengan tabel bantu.

Lanjut dengan permasalahannya selanjutnya, Untuk Harga Bangunan di isi berdasarkan Tabel Bantu.
Contohnya seperti ini .


Langsung saja ini fungsinya :
=HLOOKUP(RIGHT(B7;1);$C$27:$E$28;2;FALSE)


Berhubung kode harganya berada di kode tipe maka kita gunakan tambahkan atau ganti "lookup_value" dengan fungsi String (Right). 

Lanjut, untuk biaya sertifikat di kenakan beberapa persen dari harga tanah dengan ketentuan kalau Luas Tanah.
116 maka 5%
158maka 7%
215 maka 9%

Untuk fungsinya seperti ini.
=IF(G7=116;H7*5%;IF(G7=158;7%*H7;9%*H7)).
Cara bacanya adalah "Jika kolom luas tanah di cell G7 adalah 116 maka Harga Tanah di kalikan 5%, jika tidak kolom luas tanah di cell G7 adalah 158 maka Harga Tanah di kalikan 7% selain itu dikalikan 9% dari harga tanah".

Ok yang terakhir yaitu harga rumah. Untuk harga rumah langsung di tambahkan dari Harga Tanah, Harga Bangunan dan Biaya Sertifikat. Contoh Fungsi bisa pakai "SUM".
=SUM(H7:J7)

Alhasil seperti ini :


Semoga Penjelasan ini bermanfaat. Sudah itu saja 

Comments

Popular Posts