Menghitung Lama hari dan Jam di Ms. Excel

Pada contoh kasus ini kita akan bahas tentang cara menghitung selisih hari dan jam beserta kita akan menghitung jumlah invoice (jumlah tagihan) sesuai dengan format yang telah di tentukan.

langsung saja ke permasalahan seperti di bawah ini :


Nah langsung saja.

  • Untuk mengisi Kolom Lama Hari : =INT((E6-C6)+(F6-D6))

Rumus diatas mengurangi kolom tanggal pengembalian dengan tanggal peminjaman dan hasilnya ditambah dengan hasil pengurangan kolom jam pengembalian dengan jam peminjaman, hasilnya akan berupa desimal dan dibulatkan ke bawah dengan fungsi INT().

-- agar angkanya ada imbuhan "hari", silahkan anda klik kanan pada kolom lama hari yang ada beri formula kemudian pilih format cell lalu pilih custom kemudian pilih format 0 lalu kasih imbuhan seperti ini [0 "hari"]. 0 adalah angka yang sudah ada, terus spasi "hari" adalah imbuhan dimana label tersebut bisa di baca oleh excel walaupun di indikasikan sebagai label.

Dan hasilnya seperti di bawah ini :

  • Untuk mengisi Kolom Lama Jam : =(((E6-C6)+(F6-D6)-G6)*24)
Rumus diatas mengurangi tanggal pengembalian dan peminjaman untuk mengetahui apakah peminjaman dilakukan pada tanggal yang sama atau tidak, kemudian hasilnya ditambah dengan pengurangan jam pengembalian dan jam peminjaman. Jika terjadi tanggal peminjaman dan pengembalian berbeda maka hasilnya dikurangi kolom G6, sehingga yang ditampilkan adalah selisih jamnya saja.

-- agar angkanya ada imbuhan "hari", silahkan anda klik kanan pada kolom lama hari yang ada beri formula kemudian pilih format cell lalu pilih custom kemudian pilih format 0 lalu kasih imbuhan seperti ini [0 "jam"]. 0 adalah angka yang sudah ada, terus spasi "jam" adalah imbuhan dimana label tersebut bisa di baca oleh excel walaupun di indikasikan sebagai label.

Dan hasilnya seperti ini :

  • Untuk mengisi Kolom Jumlah Invoice : =(G6*150000)+(H6*15000)
Kolom I6 adalah jumlah uang yang harus dibayar oleh penyewa dengan ketentuan sewa per hari adalah Rp. 150.000 dan Rp 15.000 per jam. Jangan lupa kasih imbuhan rupiah dengan cara format cell-pilih Accounting.

Dan Hasilnya seperti ini :

  • Untuk mengisi Kolom Diskon : =IF(I6>=2000000;I6*30%;0)
Kolom J6 adalah perhitungan diskon untuk penyewa yang jumlah invoice lebih dari sama dengan dua juta maka besar discount yang di dapatkan sebesar 30% dari jumlah invoice, dan selain itu tidak dapat. Jangan lupa kasih imbuhan rupiah dengan cara format cell-pilih Accounting.

dan hasilnya seperti ini :

  • Untuk mengisi Jumlah Net : =I6-J6
Jumlah Net merupakan hasil dari Jumlah invoice di kurangi Diskon. Jangan lupa kasih imbuhan rupiah dengan cara format cell-pilih Accounting.

Dan Hasilnya seperti ini :

Begitu dari Info yang saya share kepada anda semoga bermanfaat 😁

Comments

  1. Mantap Bro, kalau menit dan detik nya boleh di share juga, terima kasih..

    ReplyDelete
  2. Mantap bro makasih banyak ilmunya..😁

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts